Al MUQADDIMAH ~ Semesta Bertasbih, mengagungkan Asma Allah SWT


“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Ahlan Wasahlan Bikhudurikum

Photo Cube Generator

Jumat, 27 April 2012

MUQADDIMAH

بــــــــســم الله الرحمن الرحــيــــــــم
( Jum'at, 27 April 2012 )
MUQADDIMAH

         
         BULUGHUL-MARAM MIN ADILLATIL-AHKAM, karangan al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani adalah suatu kitab fiqh yang kecil berdasar sunah Rasulullah SAW.
        Di abad yang akhir ini, kitab tersebut kedengaran terpakai dimana-mana dan di indonesia pun tidak ketinggalan, terutama diantara pelajar-pelajar di madrasah-madrasah dan pesantren-pesantren.
      Tetapi, kitab itu disusun oleh pengarangnya seolah-olah untuk orang-orang yang sudah tau 'ilmu Mush-thalahul Hadits, 'ilmu Ushululfiqh, dan sudah mahir di dalam urusan fiqh dan Hadits.
           Saya katakan demikian, karena di beberapa bab terdapat Hadits-hadts yang tampaknya berlawanan. Hadits yang shahih dan yang lemah, hingga tidak mudah bagi orang yang tidak berpengalaman, mengambil faidah daripadanya.
        Oleh sebab di bahasa Indonesia belum ada satu kitab fiqh berdasarkan unnah mengandung juz-juz ibadah, Mu'amalah Munakahah, jinayah yang sederhana, sedang beberapa ikhwan dari guru-guru minta saya terjamahkan BULUGHUL-MARAM dengan terjamahkan yang mudah difaham artinya, dengan penerangan yang menggampangkanpembaca mengerti maksudnya dengan menjelaskan cara-cara memakai Hadits-hadits yang bertentangan dan lain-lain yang perlu dengan kitab itu, maka sungguhpun pekerjaan tersebut berat, tetapi saya telah coba, dan Alhamdulillah telah berhasil.
           Di dalam pendahuluan ini saya hendak terangkan beberapa fashal yang ringkas-ringkasnya yang patut diketahui oleh pembacayang belum biasa dengan urusan Hadits, Ushulul fiqh dan istilah-istilah yang terpakai dalam kitab ini.

Sumber: BULUGHUL MARAM
Oleh : A.HASSAN
Diterbitkan atas Kerjasama antara CV. PUSTAKA TAMAAM
dengan PESANTREN PERSATUAN ISLAM BANGIL



0 komentar:

Posting Komentar