Al ATURAN-ATURAN BUANG AIR ~ Semesta Bertasbih, mengagungkan Asma Allah SWT


“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Ahlan Wasahlan Bikhudurikum

Photo Cube Generator

Senin, 14 Mei 2012

ATURAN-ATURAN BUANG AIR

BAB ATURAN - ATURAN
BUANG AIR

(Senin, 14 Mei 2012)



نس بن مالك. وقال: إنه رسول الله. إذا كان (يريدون) يذهب الى المرحاض، والسماح لها رنين.
صدر له من قبل "اربعة" وانه معلول.
93.    Dari Anas bin Malik. Ia berkata : Adalah Rasulullah saw. apabila (hendak) masuk ke tempat buang air, ia lucutkan cincinnya.
Dikeluarkan dia oleh "Empat" dan ia ma'lul.

ومنه. وقال: إنه رسول الله. إذا كان (تريد) للدعوة، المرحاض (وهو ما يعني) تذهب: يا رب! اللهم إني أعوذ بك من بشاعة حقيقية والاشياء السيئة.
صدر له من قبل "سبعة"
94.    Dan daripadanya. Ia berkata : Adalah Rasulullah saw. apabila (hendak) masuk ke tempat buang air, menyebut (yang artinya) : Hai Tuhan ! sesungguhnya aku berlindung dengan-MU daripada kejelekan dan barang-barang yang jelek.
Dikeluarkan dia oleh "Tujuh".

عن أنس. وقال: إنه رسول الله: الذهاب إلى المرحاض، ثم أنا وشاب مثلي، وأحضر لي وعاء من الماء وعصا طويلة، وكان يتوضأ بالماء.
وافق آلائه.
95.    Dari Anas. Ia berkata : Adalah Rasulullah saw.: masuk ke tempat buang air, lalu saya dan seorang muda seperti saya, membawakan satu bijana air dan satu tongkat panjang, lalu ia bersuci dengan air itu.
Muttafaq 'alaih.

من المغيرة بن شعيب. قال: رسول الله قد قال. لي: خذ وعاء، ثم ذهب للاحتماء من البيانات، ثم يتم هدر المياه.
وافق آلائه.
96.    Dari Mughirah bin Syu'bah. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. kepada saya : Ambillah bijana itu, lalu ia pergi hingga berlindung dari saya, lalu ia buang air.
Muttafaq 'alaih.

من أبي هريرة. قال: رسول الله قد قال. الابتعاد عن (الفعل) الذي يسبب لعنة شخصين (أن) رجل تبول في الشارع أو الظل لهم في المكان.
صدر
له من قبل المسلمين.
97.    Dari Abi Hurairah. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. Jauhilah (perbuatan) dua orang yang menyebabkan laknat (yaitu) yang buang air di jalan manusia atau diperteduhan mereka.
dikeluarkan dia oleh Muslim.

وأضاف أبو داود من (التاريخ) معاذ: والأماكن التي تتوافر فيها المياه والنطق (الحديث) هو: الابتعاد عن الأماكن التي سبب لعنة الثلاث؛ التغوط في الأماكن التي تتوافر فيها المياه وعلى الطرق السريعة والمأوى.
98.    Dan Abu Dawud tambah dari (riwayat) Mu'adz : dan tempat-tempat air; dan lafazh (hadits)nya : jauhilah tempat-tempat penyebab laknat yang tiga; berak di tempat-tempat air dan di jalan-jalan raya dan pernaungan.

وأحمد، عن ابن عباس: أو مكانا لجمع المياه، ولكن الحديث اللذين هناك عيوب.
99.    Dan bagi Ahmad, dari Ibnu Abbas : atau tempat berkumpul air ; tetapi di dua hadits (98, 99) itu ada kelemahan.

وصدر عن ثابا راني (الحديث) حظر التبرز تحت الأشجار المثمرة والنهر الذي يتدفق، من حديث ابن عمر مع سند ضعيف.
100.    Dan dikeluarkan oleh Thabarani (Hadits) larangan buang air besar di bawah pohon yang berbuah dan di tepi sungai yang mengalir, dari hadits Ibnu 'Umar dengan sanad yang lemah.

من جابر. قال: رسول الله قد قال. إذا كانت النفاية الرئيسيتين ثم ترك أخذ كل واحد منهم ملجأ من جهة أخرى، والسماح لهم الكلام، لغضب الله على هذا.
روى
أحمد وتمت المصادقة عليه من قبل قع ابن السكن وابن من، ولكن هو معلول.
101.    Dari jabir. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. Apabila dua orang buang besar maka hendaklah tiap-tiap seorang dari mereka berlindung dari yang lain ; dan janganlah mereka berkata-kata, karena Allah murka kepada yang demikian.
Diriwayatkan dia oleh Ahmad dan disahkan dia oleh Ibnus Sakan dan Ibnu Qathan, tetapi ia ma'lul. (Dikatakan bahwa hadits itu ma'lul, tetapi ada beberapa Syahid (= saksi) yang menguatkannya, sehingga dapat di pakai (A.Q).

من أبي قتادة. قال: رسول الله قد قال. : لا تلمس واحدة من صاحب الديك مع يده اليمنى عند التبول، والسماح لها قحافة الهواء بيده اليمنى ويتركه يتنفس في الوعاء.
وافق
آلائه، ولكن هذا هو تحية مسلم.
102.    Dari Abi Qatadah. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. : Janganlah seseorang dari kamu menyentuh kemaluannya dengan tangan kanannya waktu kencing, dan janganlah ia bercedok dengan tangan kanannya dan janganlah ia bernafas di dalam bijana.
Muttafaq 'alaih, tetapi lafazh itu bagi Muslim.

KETERANGAN :
        I.    Di waktu kencing, dilarang kita pegang kemaluan dengan tangan kanan ; dan tidak dilarang kita memegangnya dengan tangan kiri.
        II.    Dilarang kita bersihkan bekas buang air besar dengan tangan kanan, tidak dilarang kita bersihkannya dengan tangan kiri.
        III.    Kalau kita hendak bersihkan bekas kencing dengan batu, kertas atau lainnya, terpaksa kita memegangnya dengan tangan kanan dan bersihkan dengan tangan kiri, ini tidak terlarang karena yang terlarang itu ialah memegang waktu kencing dan bukan di lain waktu.

من سلمان وقال: إنا رسول الله. لقد تم حظرها أو استقبال القبلة عند التبول أو التغوط لنا لحماية نفسه "مع يده اليمنى، أو أردنا أن يحمي نفسه بالحجارة التي هي أقل من ثلاثة، أو أننا لحماية نفسه" مع روث الحيوانات أو العظام.
روى
مسلم.
103.    Dari Salman Ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah saw. telah larang kita menghadap Qiblat waktu berak atau kencing atau kita beristinja' dengan tangan kanan, atau kita beristinja' dengan batu yang kurang dari tiga, atau kita beristinja' dengan tahi binatang atau tulang.
Diriwayatkan dia oleh Muslim.

و "سبعة" من أبي أيوب الأنصاري: وليس لمواجهة القبلة وعدم التبرز أو التبول عند ظهورهم، ولكن مواجهة اليمين أو اليسار.
104.    Dan bagi "Tujuh" dari Abi Aiyub al-Anshari : dan janganlah kamu menghadap Qiblat dan jangan membelakanginya waktu berak atau kencing, tetapi menghadaplah ke kanan atau ke kiri.

KETERANGAN :
        I.    Selain dari dua Hadits yang shahih yang melarang kita menghadap atau membelakangi Qiblat waktu berak atau kencing, ada beberapa riwayat pula yang shahih yang tidak tersebut di sini, menerangkan : (a). bahwa Jabir pernah melihat Rasulullah saw, kencing dengan menghadap Qiblat : (b). Ibnu 'Umarlihat Rasulullah saw. buang air besar dengan membelakangi Qiblat : (c). Ibnu 'Umar lihat kakus Rasulullah saw. di rumah Hafshah menghadap Qiblat : (d). Ibnu 'Umar pernah kencing menghadap Qiblat dengan berdindingkan kendaraan, dan waktu ditanya, ia jawab bahwa Rasulullah saw. larang itu ialah kalau di tempat terbuka.
        Oleh sebab keterangan-keterangan itu berlawanan, maka buat mengambil keputusan di dalam hal ini ada dua macam :
        Pertama : thariqathul-jam'i, yakni memakai semua keterangan, yaitu kita anggap bahwa larangan itu di tempat terbuka, tidak di tempat yang berdinding.
        Kedua : thariqatul-jam'i juga, tetapi dengan menganggap, bahwa larangan itu bukan larangan haram tetapi larangan makruh.
        Pada pandangan saya, cara yang pertama itu lebih baik dan lebih tepat.
        II.    Bersuci dari buang air itu ada dua macam : dengan air dan dengan batu. Bersuci dengan air telah maklum. Adapun bersuci dengan batu, 'Ulama berlainan faham.
        a.)    Perlu dengan batu sekurangnya tiga buah, untuk tiga kali sapu.
        b.)    boleh dengan satu batu yang mempunyai tiga tempat atau tiga penjuru yang dapat di pakai buat tiga kali pembersihan , Golongan ini memaham bahwa maksu Rasulullah saw. ialah membersihkan tiga kali, buukan tiga pembersih.
        c.)    Boleh dengan yang lain dari batu, ashal dibersihkan tiga kali, karena Rasulullah saw larang ialah membersihkan dengan tahi binatang atau tulang. Jadi, selain dari dua ini tidak terlarang. Sebab pun Rasulullah sebut batu, karena biasanya batu itu lebih muda di dapati daripada yang lainnya.

من عائشة. قال: ها، النبي الكريم. وقال: هو الذي جاء في التبرز السماح له المأوى.
هو الذي رواه أبو داود.
105.    Dari 'Aisyah. Ia berkata : Bahwasanya Nabi saw. telah bersabda : Barang siapa datang ke tempat buang air besar hendaklah ia berlindung.
Diriwayatkan dia oleh Abu Dawud.

ومنها: لأنه هو النبي الكريم. وقال عند الخروج من مكان إلى التبرز، وهو ما يعني: (أنا أريد) الحماية الخاصة بك
106.    Dan daripadanya : Bahwasanya adalah Nabi saw. apabila keluar dari tempat buang air besar, ia berkata yang artinya : (Aku minta) Perlindungan-MU.

من ابن مسعود. قال: النبي جاء لمياه الصرف الصحي، وقال انه أوامر مني أن يحضر له ثلاثة أحجار، حجرين لذا يمكن وما لا يمكن أن تكون الثالثة، وبعد ذلك جلب له روث الجمل المجفف، فأخذ وهما وانه رمي براز جمل جافة، وقال: هذا هو قذر وملوث.
أصدر البخاري، ويكملها أحمد ودرقطن (قائلا له): أحضر لي غير هذا
107.    Dari Ibnu Mas'ud. Ia berkata : Nabi saw datang ke tempat buang air, lalu ia perintah saya membawakan kepadanya tiga batu, Maka saya dapat dua batu dan tidak dapat yang ketiga, lalu saya bawakan kepadanya tahi onta yang kering, Maka ia ambil yang dua itu dan ia buang tahi onta yang kering, dan ia bersabda : ini kotor dan cemar.
Dikeluarkan dia oleh Bukhari, dan ditambah oleh Ahmad Daraquthni (sabdanya) : bawakanlah kepadaku lain dari ini.

من أبي هريرة، قال: رسول الله حقا. فرض حظر على تنقية مع العظم أو روث الحيوانات، جاف، وقوله: من المؤكد أنهم لم يطهر.
رواه درقطن له وانه يمر عليه.
108.    Dari Abi Hurairah, Ia berkata : sesungguhnya Rasulullah saw. larang bersuci dengan tulang atau tahi binatang yang kering, dan sabdanya : Sesungguhnya dua-dua itu tidak mensucikan.
Diriwayatkan dia oleh Daraquthni dan ia sahkan dia.

من أبي هريرة. قال: رسول الله قد قال. تنقية البول لأنه "عموما" الله هو سبب خطير.
روى بواسطة درقطن.
109.    Dari Abi Hurairah. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. Bersucilah dari kencing karena 'umumnya' adzab kubur adalah dengan sebabnya.
Diriwayatkan dia oleh Daraquthni.

والحكم: قبر يرجع في معظمه إلى الله تعالى البول: وكان صحيح الإسناد.
110.    Dan bagi Hakim : kebanyakan adzab kubur adalah lantaran kencing : dan ia itu sahih isnadnya.

KETERANGAN :
        Selain dari dua Hadits tersebut, ada beberapa Hadits yang sahig tentang wajib bersuci dari bekas kencing, karena ada siksaan kubur bagi yang mengabaikannya.

من سرقت بن مالك. قال: رسول الله. لقد علمنا عن حركات الأمعاء، لذلك كنا نجلس في الساق اليسرى والقدم اليمنى منتصب.
روى البيهقي من قبل مع سند ضعيف.
111.    Dari Suraqah bin Malik. Ia berkata : Rasulullah saw. telah ajar kami tentang buang air besar, supaya kami duduk atas kaki kiri dan mencacakkan kaki kanan.
Diriwayatkan dia oleh Baihaqi dengan sanad yang lemah.

من عيسى بن يزدإد من والده. قال: رسول الله قد قال. : إذا كان شخ أحدكم دعه فرز له الديك ثلاث مرات.
روى ابن ماجه مع سند ضعيف.
112.   Dari 'Iesa bin Yasdad dari bapaknya. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. : Apabila kencing seorang dari kamu hendaklah ia mengurut kemaluannya tiga kali.
Diriwayatkan dia oleh Ibnu majah dengan sanad yang lemah.

من ابن عباس أن النبي عليه الصلاة والسلام. طلب من سكان قباء؛: أن النبي. قال: إن الله الحمد لك (في الشؤون الداخلية للتنقية). قالوا: نحن رافق الصخور بالماء.
روى البزار من قبل مع سند ضعيف، وكان في الأصل في أبي داود.
113.    Dari Ibnu 'Abbas bahwasanya Nabi saw. bertanya kepada penduduk Quba; : Yaitu Nabi saw. bersabda : Sesungguhnya Allah memuji kamu (di dalam urusan bersuci). Mereka berkata : Kami iringi batu itu dengan air.
Diriwayatkan dia oleh bazzar dengan sanad yang lemah, dan ashalnya ada di Abi Dawud.

وتمت المصادقة عليه من قبل ابن خزيمة أبي هريرة من الحديث دون الاشارة الى حجر.
114.    Dan disahkan dia oleh Ibnu Khuzaimah dari Hadits Abi Hurairah dengan tidak menyebut batu.
___________________________



0 komentar:

Posting Komentar