Al BIJANA-BIJANA ~ Semesta Bertasbih, mengagungkan Asma Allah SWT


“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Ahlan Wasahlan Bikhudurikum

Photo Cube Generator

Selasa, 01 Mei 2012

BIJANA-BIJANA




 BIJANA-BIJANA
( Selasa, 01 Mei 2012 )


BAB BIJANA-BIJANA
حذيفة بن اليمن. قال: رسول الله قد قال. : لا تشرب في آنية الذهب والفضة، وليس لتناول الطعام لهم على طبق من ذهب، وذلك لأن (السفن) بالنسبة لهم (القرويين) في العالم ولكم في الآخرة

18.    Dari Hudzaifah bin Yaman . Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. : Janganlah kamu minum di bijana emas dan perak ; dan janganlah kamu makan pada piring keduanya, karena (bijana-bijana) itu untuk mereka (orang-orang kampung) didunia dan untuk kamu di Akhirat.
Muttafaq'alaih.

أم سلمة من. قال: رسول الله قد قال. : الناس الذين يشربون في آنية الفضة، ولكن لا شيء تصب في بطن البهائم الجحيم.

19.    Dari Ummi Salamah. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. : Orang yang minum di bijana perak, tidak lain melainkan mencurahkan ke dalam perutnya neraka jahanam.
Muttafaq'alaih.

من ابن عباس. قال: رسول الله قد قال. : إذا كان الجلد المدبوغ، وبالتالي يكون لذلك.
صدر له من قبل مسلم.


20.    Dari Ibnu 'Abbas. Ia berkata : Telah bersabda  Rasulullah saw. : Apabila disamak kulit, maka sucilah ia.
Dikeluarkan dia oleh Muslim.

وعلى "أربعة": ما هي المدبوغة الجلد، (لذلك أن يكون لذلك).

21.    Dan di sisi "Empat" : Apa saja kulit disamak, (jadi sucilah ia).

سلمة بن. قال: رسول الله قد قال. : تم دباغة الجلود تنظيف الذبيحة.
صدر عليه من قبل ابن حبان.


22.    Dari Salamah bin al-muhabbiq. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw. : menyamak kulit-kulit bangkai itu ialah pembersihannya.
Disahkan dia oleh Ibnu Hibban.

من ميمونة. وقال النبي عليه السلام. تم من خلال العنزة التي جره، ثم قال: إنه سيكون من الرائع إذا كنت تأخذ من الجلد! يقولون: انه قد مات. وقال انه يمكن ان تنقي المياه وأوراق الغار.
طرد
أبو داود والنسائي ليه.


23.    Dari Maimunah. Ia berkata : Nabi saw. pernah melalui se ekor kambing yang mereka seret dia, maka ia bersabda : Alangkah baiknya kalau kamu ambil kulitnya ! Mereka berkata : Bahwa ia itu bangkai. Ia berkata : Bisa mensucikan dia air dan daun salam.
Dikeluarkan dia leh Abu Dawud dan Nasa'i.

KETERANGAN :
        I.    Kulit bangkai, apabila disamak, jadi sucilah ia, yakni boleh digunakan dia buat jadi tempat makanan dan tempat air.
        II.    Daun salam itu daun bagisatu pohon tertentu, tetapi maksudnya ialah tiap-tiap daun atau benda sepat dan kelat yang biasa orang digunakan untuk menyamak kulit.

من أبي الحسين: قال: سألت: يا رسول الله! في الواقع نحن (كانت) في الأرض من الكتاب، ثم ماذا يجب أن نأكل في آنيتهم؟ قائلا: "لا تأكل فيه، إلا أنه لا يمكنك الآخرين، ثم تغسل به وأكل عليه للخروج منه.

24.    Dari Abi Tsa'labah al-khusyani : Ia berkata : Saya bertanya : Ya Rasulullah ! sesungguhnya kami (berada) di bumi kaum ahli kitab, maka apakah boleh kami makan dalam bijana-bijana mereka ? Sabdanya : Janganlah kamu makan di dalamnya, kecuali bahwa kamu tidak dapat lainnya, maka cucilah dia dan makanlah dia dari dalamnya.
Muttafaq 'alaih.

عمران بن حصين، التي كان الرسول الكريم وأصحابه الوضوء من ماء فيها امرأة وثنية.
وافق آلائه في حديث طويل.


25.    Dari Imran bin Husain, bahwasanya Nabi saw, dan sahabat-sahabatnya pernah berwudlu' dari mazadah seorang perempuan musyrik.
Muttafaq 'alaih di satu Hadits yang panjang.

KETERANGAN :
        I.    Hadits yang ke 24 itu, maksudnya lebih baik kita tidakpakai bijana kaum ahli kitab. Kalau tidak ada yang lain, boleh juga kita memakainya, sesudah mencucinya, karena mereka itu makan babi dan minum arak, dan dikhawatiri ketingggalan bekas-bekasnya di dalam bijana-bijana itu.
        II.    Adapun mazadah tersebut, lantaran memang tempat air semata-mata, maka tidak dikhawatiri ada padanya bekas makanan atau minuman yang haram.

عن مالك بن أنس. السفينة التي تم متصدع الرسول الكريم،، ثم انهيار حيث اجرى موصل من الفضة.
أصدر البخاري.

26.    Dari Anas bin Malik. bahwasanya bijana Nabi saw, telah retak, maka di tempat retaknya itu ia adakan penyambung dari perak.
Dikeluarkan dia oleh Bukhari.

0 komentar:

Posting Komentar