Al HAID ~ Semesta Bertasbih, mengagungkan Asma Allah SWT


“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Ahlan Wasahlan Bikhudurikum

Photo Cube Generator

Senin, 28 Mei 2012

HAID

BAB
H  A  I  D

( Minggu, 27 Mei 2012 )




من عائشة، فاطمة بنت أبي حبيش أن تستحض المعتاد، عن رسول الله. قال له: ها دم الحيض من دم أسود مشهور، لذلك إذا كان هناك، أن يتوقف عن الصلاة، ولكن إذا صلوا أي شيء آخر، حكمها في الله و.
هو الذي رواه أبو داود والنسائي وابن حبان مرت عليه من قبل، والقاضي، لكنه اعتبر الشر بواسطة حاتم أبو ظبي.
149.    Dari 'Aisyah, bahwasanya Fatimah binti Abi Hubaisy biasa istihadhah, maka Rasulullah saw. bersabda kepadanya : Sesungguhnya darah haid itu darah hitam yang terkenal, Maka apabila ada begitu, berhentilah dari shalat ; tetapi jika ada yang lain, berwudhu'lah  dan shalatlah.
Diriwayatkan dia oleh Abu dawud dan Nasa'i dan disahkan dia oleh Ibnu Hibban dan Hakim, tetapi dianggapnya munkar oleh Abu Hatim.

وفي حديث أسماء بنت عميس., أبي داود: ودعه يجلس في سفينة واحدة. لذلك عندما رأى الصفراء فوق المياه، والسماح له بالاستحمام. ظهرا، واحد حمام، والعصر، وانه كان الاستحمام، وحمام لصلاتي المغرب والعشاء والفجر في حوض الاستحمام للحمام، والسماح له الوضوء بين البلدين.
150.    Dan di Hadits Asma binti 'Umais di sisi Abi Dawud : dan hendaklah ia duduk di satu bijana. Maka apabila ia lihat kuning diatas air, hendaklah ia mandi. satu mandi Zhuhur, dan Ashar dan ia mandi, satu mandi buat Maghrib dan Isya', dan ia mandi buat Fajar satu mandi, dan hendaklah ia berwudhu' antara dua itu.

KETERANGAN :
        I.    Penganggapan munkar akan Hadits ke 149 itu dibantah oleh Ibnul-Qaiyim. Sebenarnya Hadist itu sah dan maknanya pun setuju dengan Hadits ke 73 dan 74 yang Muttafaq 'alaih itu.
        II.    Hadits ke 150 tidak sah, dan tidak sahih semua Hadits-hadits yang mewajibkan mandi atas perempuan yang istihadhah. Hanya ada Hadits-hadits yang mustahabkan mandi seperti Hadits-hadits ke 151 dan 152.

حمنة بنت جحش من. وقال: لدي الكثير استحض والثابت؛ جئت إلى النبي. تسأل عن فتوى له، ثم قوله: أن هذه ليست سوى اضطراب من الشيطان يمكن أن تمنع طيور الهم، وبحلول ذلك، لك السماح لها الحيض ستة أو سبعة أيام ثم الاستحمام. حتى إذا كنت نظيفة، ويصلي اربعة و عشرين أو ثلثة وعشرين النهار، والصوم والصلاة هو الله (الطوعية)، لأن ذلك يعني بما يكفي بالنسبة لك، وجعل بالتالي كل شهر كما كان للنساء الحيض، ولكن إذا كنت قوي طاهر للرجال وحق الرجال ظهر تعجلي العصر، ثم قمت بتنظيف الاستحمام عند (مؤقتا)، ثم جامع، صلاة الظهر والعصر وبين المغرب وأنت طاهر تعجلي انها العشاء، ثم الاستحمام، ثم جامع لا تصلي عليه اثنن، (إذا كانت قوية)، وجعل (هكذا)، ويكون لها حمام مع الفجر ونصلي لك. قوله: (مرة أخرى): وهكذا فإن المسألة ما هو أكثر من تروق لي أكثر من غيرها.
روى من قبل "خمسة" إلا النسائي، ومرت عليه من قبل الترمذي وانه حسن البخاري.
151.    Dari Humnah binti Jahsy. Ia berkata : Saya pernah istihadhah yang banyak dan keras ; saya datang kepada Nabi saw. meminta fatwa kepadanya, maka sabdanya : yang demikian hanya satu gangguan dari syaithan ; Oleh itu, hendaklah engkau berhaid enam atau tujuh hari kemudian engkau mandi. Maka apabila engkau sudah bersih, shalat 24 atau 23 hari, dan puasalah dan sembahyanglah (sunnat), karena yang demikain itu cukup buatmu ; dan buatlah demikian tiap-tiap bulan sebagaimana perempuan-perempuan berhaid, tetapi jika engkau kuat buat mentakhirkan Zhuhur dan mentaqdimkan 'Ashar, kemudian engkau mandi ketika engkau bersih (sementara), lalu engkau jama' sembahyang Zhuhur dan 'Ashar kemudian engkau takhirkan Maghrib dan taqdimkan 'Isya', kemudian engkau mandi, kemudian engkau jama'kan dua sembahyang itu, (kalau kuat), buatlah (begitu) ; dan engkau mandi beserta Shubuh dan engkau shalat. Sabdanya (lagi) : Dan yang demikian perkara yang lebih aku sukai dari yang lainnya.
Diriwayatkan dia oleh "Lima" kecuali Nasa'i dan disahkan dia oleh Tirmidzi dan dihasankan dia oleh Bukhari.

KETERANGAN :
        I.    Perbuatan-perbuatan jahat, angan-angan yang jelek, terganggunya kesehatan dan lain-lain yang sebangsanya itu sering disandarkan kepada syaithan, dan dikatakan perbuatan syaithan.
        II.    Ringkasan Hadits ini, ialah Rasulullah saw. perintah Humnah -  di dalam masa ia istihadhah - yakni tidak shalat tidak puasa, dan lainnya enam atau tujuh hari, kemudian hendaklah ia shalat dan puasa dan shalat sunnat di dalam 23 atau 24 hari itu, demikianlah seterusnya, Tetapi kalau mau takhirkan Zhuhur sampai permulaan 'Ashar dan sanggup mandi, lalu shalat jama' dua shalat itu, bolehlah ia berbuat, Demikian juga kalau mau takhirkan Maghrib sampai waktu 'Isya' dan sanggup mandi dan shalat jama' antara dua shalat itu, dan demikian  juga jika ia sanggup mandi buat waktu Shubuh ; dan Rasulullah saw. lebih suka kepada cara tersebut itu daripada berwudhu' buat tiap-tiap shalat sebagaimana tersebut di Hadits 73 dan 74.
        III.    Lantaran Rasulullah saw. gantungkan mandi kepada kesanggupan perempuan itu, dan lantaran cara itu disukai oleh Rasulullah saw. daripada lainnya, dan lantaran Rasulullah saw. sudah wajibkan perempuan istihadhah wudhu' saja buat tiap-tiap shalat ( lihat Hadits ke 74 dan 153 ), maka mandi itu tidak dapat dianggap wajib.

من عائشة، أم جحش بنت حبيبة الذي شكا إلى رسول الله. من الدم، ثم قوله: يجب الكف عن مجرد الشهرية العادية حظرها بواسطة مو مو ثم يغسل. لكنه (أم حبيبة) دش كل صلاة.
روى مسلم.
152.    Dari 'Aisyah, bahwasanya Ummu Habibah binti Jahsy mengadu kepada Rasulullah saw. tentang darah, maka sabdanya : Berhentilah sekedar yang biasa dihalangimu oleh haidmu kemudian mandilah. Tetapi adalah (Ummu Habibah) mandi tiap-tiap shalat.
Diriwayatkan dia oleh Muslim.

وعلى تاريخ البخاري: ويجب عليك الوضوء لكل صلاة ..
وانه من التاريخ لأبي داود وغيرهم (هي) للآخرين.
153.    Dan pada satu riwayat bagi Bukhari : dan hendaklah engkau berwudhu' buat tiap-tiap shalat..
Dan riwayat itu bagi Abi Dawud dan lainnya (adalah) dari lain-lain.

KETERANGAN :
        Ummu Habibah mengadu hal kedatangan istihadhah, maka Rasululah saw. perintah dia shalat dan puasa sebagaimana biasa, tetapi hendaklah ia berhenti dari shalat dan lainnya itu. Apabila sampai masa yang biasanya ia berhaid itu hendaklah ia mandi dan kerjakan ibadat-ibadat seperti biasa, tetapi Ummu Habibah mandi buat tiap-tiap shalat, itu dengan kemauan sendiri, bukan perintah Rasulullah saw. jadi, bukan wajib.

عن أم عطية: وقال: نحن لا تحمل أي شيء سوف يكون (الماء) عكر والأصفر بعد الطهر.
روى البخاري وأبو داود، لفظ بدلا منه.
154.    Dari Ummu 'Athiyyah : Ia berkata : Kami tidak menganggap apa-apa akan (Air) keruh dan kuning sesudah bersuci.
Diriwayatkan dia oleh Bukhari dan Abu Dawud, lafazh itu baginya.

KETERANGAN :
        Perempuan-perempuan di zaman Nabi saw., sesudah bersuci dari haid, kalau melihat air keruh bercampur kuning yang keluar, mereka tidak anggap sebagai haid.

عن أنس أن اليهود عندما تكون المرأة منهم كان فترات، أنهم لا يأكلون معه. لذلك النبي. : اصنعوا كل شيء إلا الجماع.
روى مسلم.
155.    Dari Anas bahwasanya kaum yahudi apabila seorang perempuan di antara mereka berhaid, mereka tidak makan bersama-samanya. Maka sabda Nabi saw. : Lakukan segala sesuatu kecuali bersetubuh.
Diriwayatkan dia oleh Muslim.

من عائشة. وقال: مرة واحدة للنبي محمد. قلت لها قماش (فقط) ثم انه لمس جسده مع جسدي عندما كنت حائضا.
وافق آلائه.
156.    Dari 'Aisyah. Ia berkata : Pernah Rasulullah saw. menyuruh saya berkain (saja) lalu ia sentuhkan badannya dengan badan saya, padahal saya haid.
Muttafaq 'alaih.

KETERANGAN :
        Riwayat ini memberi arti, bahwa seseorang boleh lakukan terhadap isterinya yang di dalam haid. semua yang suami halal melakukan kepada isterinya, kecuali bersetubuh (jima').

من ابن عباس أن رسول الله صلى الله. حول جسم الشخص وزوجته عندما كانت في الحيض، وقال: انه (يجب) كان الصدقة دينار واحد أو نصف دينار أ.
روى من قبل "خمسة"، ويمر عليه من قبل قاض، وقال ابن قطن، لكن البعض الآخر منهم على حد سواء للرجال كيماوكوفانيا الشؤون القانونية اللجنة.
157.    Dari Ibnu 'Abbas, dari Rasulullah saw. tentang orang yang setubuhi isterinya padahal ia dalam haid, sabdanya : ia (mesti) bersadaqah satu dinar atau setengah dinar.
Diriwayatkan dia oleh "Lima" dan di sahkan dia oleh Hakim dan Ibnul-Qath-than, tetapi yang lain dari mereka berdua mentarjihkan kemauqufannya.

KETERANGAN :
        I.    Hadits ini tidak sah dan tidak terlihat Hadits yang shahih di dalam hal tersebut.
        II.    Bercampur dengan isteri yang di dalam haid menurut ayat 220 al-Baqarah, haram.

من أبي سعيد الخدري رضي الله عنه. قال: رسول الله قد قال،: أليست المرأة إذا لم يتم لها فترات الصلاة والصوم لا؟
وافق آلائه في حديث طويل.
158.    Dari Abi Sa'id al-Khudri. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw., : Bukankah perempuan itu apabila berhaid tidak shalat dan tidak puasa ?.
Muttafaq 'alaih di dalam satu Hadits yang panjang.

KETERANGAN :
        I.    Hadits ini menunjukkan, bahwa perempuan yang haid tidak wajib shalat dan tidak wajib puasa. Tetapi menurut lain Hadits bahwa puasa itu wajib ia qadha' ; shalat tidak.
        II.    Ada beberapa Hadits tentang menyamakan perempuan nifas dengan perempuan haid. Hadits-hadits itu walaupun lemah tetapi satu dengan lain berbantu-bantuan hingga bisa dipakai sebagai alasan, Demikian pendapat sebahagian daripada 'ulama Hadits.

من عائشة. وقال انه عندما وصلنا إلى الصريف، وكنت الحيض عنها. الرسول الكريم. قال: تفعل كل شيء () ينبغي القيام به من قبل الناس الذين الحج، ولكن يجب أن لا تطوفي بالبيت حتى تكون مقدسة.
وافق آلائه في حديث طويل.
159.    Dari 'Aisyah. Ia berkata : tatkala kami sampai di Sarif, saya berhaid. maka Nabi saw. bersabda : Kerjakanlah semua yang (mesti) dikerjakan oleh orang yang berhaji, tetapi tidak boleh engkau thawaf di Baitullah hingga engkau suci.
Muttafaq 'alaih di satu Hadits yang panjang.

من معاذ بن جبل، الذي سأل رسول الله. : ما يحل للرجل لابنتها وهي حائض؟ لذلك قوله تعالى: ماذا يوجد في النسيج.
هو الذي رواه أبو داود وانها تقوض له.
160.    Dari Mu'adz bin Jabal, bahwasanya ia bertanya kepada Rasulullah saw. : Apa yang halal bagi seorang laki-laki terhadap perempuannya padahal ia berhaid ? Maka sabdanya : Apa yang di atas kain.
Diriwayatkan dia oleh Abu Dawud dan ia lemahkan dia.

KETERANGAN :
        Hadits ini sungguhpun lemah, tetapi maknanya setuju dengan Hadits ke 156.

أم سلمة من قال: هل النساء النفاس في عصر النبي. يجلس (أي الصلاة) بعد ابنها، أربعين يوما.
روى من قبل "خمسة" إلا النسائي,لفظ وأبو داود .
161.    Dari Ummi Salamah, Ia berkata : Adalah perempuan-perempuan nifas di zaman Nabi saw. duduk (tidak shalat) sesudah beranaknya, empat puluh hari.
Diriwayatkan dia oleh "Lima" kecuali Nasa'i dan lafazh itu bagi Abu Dawud.

ودفعة واحدة لفظ له: والرسول الكريم. لم يأمر به إلى قضاء الصلاة هؤلاء "(خلال) الولادة، ومرت عليه من قبل الحكم.
162.    Dan pada satu lafazh baginya : dan Nabi saw. tidak perintah dia mengqadha' shalat (semasa) nifas, dan disahkan dia oleh Hakim.

KETERANGAN :
        I.    Ada beberapa riwayat, tentang perempuan habis beranak tidak shalat empat puluh hari dan tidak mengqadha'nya, Walaupun Hadits-hadits itu lemah, tetapi sebahagiannya menguatkan sebahagian, hingga dapat dijadikan alasan. Demikianlah pendapat sebahagian dari 'Ulama Hadits.
        II.    Ketahuilah bahwa empat puluh hari itu waktu nifas yang sebanyak-banyaknya. Adapun perempuan yang tidak berdarah nifas, wajib shalat dan puasa, dan perempuan yang nifasnya berhenti sebelum 40 hari itu pun wajib shalat dan puasa dari mulai waktu berhentinya.

______________________





Sumber :
Tarjamah - BULUGHUL MARAAM (A.HASSAN)

0 komentar:

Posting Komentar